DESIGNED BY NASSTIKES

Home

Written by Super User. Posted in Berita

Visi

Menjadi Sekolah Tinggi Kesehatan swasta terdepan di Sulawesi untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing, berkarakter enterpreneur, berkemampuan tinggi dalam memenuhi kebutuhan yang dinamis pada tahun 2020-an

Misi

SekolahTinggi Ilmu Kesehatan IST Buton adalah

  1. Menyelenggarakan pendidikan kesehatan yang berbasis pada pengembangan ilmu kesehatan untuk menghasilkan   keluaran pendidikan yang berkarakter enterpreneur sesuai kebutuhan stakeholder.
  2. Mengembangkan penelitian yang berwawasan nasional untuk pengembangan kawasan dan budaya pesisir.
  3. Mengoptimalkan kemajuan dan pemanfaatan IPTEK yang menunjang bidang keilmuan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Mengembangkan jejaring dan kerjasama dengan pemangku kepentingan untuk upaya kesehatan di kawasan dan budaya pesisir.

Written by Super User. Posted in Berita

Merospon keinginan Pemerintah kota Bau bau yang ingin menjadikan Bau bau menjadi kota pendidikan,bersamaan dengan maksud tersebut kami sebagai masyarakat mendukung dan ikut berpartisispasi secara aktif dengan mendirikan “Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan “ STIKES IST Buton” dengan Izin Menteri Pendidikan Nasional Republik Indaonesia Nomor; 176/D/O/2009 dengan tiga program studi sekaligus yaitu; 1). Kesehatan Masyarakat jenjang program Strata satu (S1), 2) Keperawatan jenjang program strata satu (S1), dan 3) Kebidanan jenjang strata tiga (DIII) yang berkedudukan di Kota Bau bau tepatnya dijalan Budi Utomo no.7, dengan kampus baru jalan Waode Wau samping SMA Negeri 2 Bau bau. Dalam usianya yang belum genap tiga tahun STIKES IST Buton telah membangun gedung berlantai tiga yang tergolong representstif ukurang Indonesia Timur. Ini merupakan kepercayaan masyarakat Buton Raya kepada STIKES IST Buton yang patut kami syukurin dengan penuh dedikasi, kerja keras dan bertanggung jawab dalam mewujudkan cita-cita dan impian pendirinya ( Yayasan Haji Abdul Rahman )Buton.

Yayasan Haji Abdul Rahman memimpikan terwujutnya Perguruan Tinggi di Bau bau yang berdaya saing tinggi, mampu menjawab tantangan globalisasi dan memegang teguh kebudaya Butuni yang arif dan bijasana

Konsep dasar Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan STIKES IST Buton adalah profesionalisme dengan komitmen penuh terhadap pembinaan,pengembangan,pertumbuhan,dan peningkatan mutuh profesi kesehatan di Republik Indonesia umumnya dan Buton Raya Khususnya.atas pertimbangan fakta tersebut kami mendapat dukungan penuh dari Bapak Walikota Bau bau Drs.H.MZ.Amirul Thamim,M.Si dan Bapak Bupati Buton Ir.H.LM.Syafei Kahar beserta jajarannya ikut berpartisipasi menjadi tenaga Dosen bidang kesehatan dan Dosen pada Ilmu-ilmu lainnya.

Dengan perkembangan di bidang pendidikan,banyak keinginan para tenaga medis dan tenega kesehatan untuk mendapatkan pendidikan tinggi.untuk mewadahi keinginan itu adalhandulillah di Kota Bau bau telah berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan STIKES IST Buton  yang memungkinkan para pegawai Negeri dan Swasta  dapat melanjutkan Pendidikan tanpa harus meninggalkan Tugas pokoknya sebagai pegawai negeri ataupun swasta

Written by Super User. Posted in Berita

Ketua STIKES IST Buton

Assalamu alaikum Wr.Wb.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IST Buton sejak berdirinya telah mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Bau bau dan Pemerintah Kabupaten Buton yang ditandai dengan pembukaan pengresmiannya oleh Bapak Walikota Bau bau Drs.H.MZ.Amirul Thamim,M.Si dan penutupan oleh Bapak Bupati Buton Ir.H.LM.Syafei Kahar tanggal  bulan september 2007.

Berdirinya STIKES IST Buton juga diikuti oleh rekomendasi Direktorant Jenderal Pendidikan Tinggi dengan nomor surat; 0068/D2.2/2008, surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Nomor surat ; DINKES No.890/2344/2008, rekomendasi dari BPPSDM Kesehatan Nomor, DI.02.02.4.1/3018/08, di Jakarta, rekomendasi Ketua PPNI pusat Nomor; NO.246/PP.PPNI/K/VI/2008, rekomendasi dari IAKMI pusat dengan nomor surat; NO.3144/D2.2/2008, rekomendasi dari ketua IBI Pusat dan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam memantapkan kurikulum yang berbasis kompentensi STIKES IST BUTON menggandeng FKM UNHAS makasar ditandai dengan penandanganan MOU antara FKM UNHAS dan STIKES IST Buton tanggal    2008. Isi kerjasama antara lain bidang Pendidikan, Penelitian, Laboratorium dan Pengabdian  masyarakat.

Pada tanggal   2008 Direktur Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi meberikan izin pertimbangan dengan Nomor;  3144/ D2.2/2008.

Tanggal 16 Oktober 2009 Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia memperikan IZIN Operasional Nomor; 176/D/O/2009, tentang Penyelenggaraan Program-program studi  pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IST Buton dengan penyelenggaran Yayasan Haji Abdul Rahman Buton dengan tiga program studi :

·         Kesehatan Masyarakat jenjang strata satu ( S1)

·         Keperawatan Jennjang Strata satu (S1)

·         Kebidanan Jenjang Strata tiga (D III)

Pada tahun 2009  Gedung Kampus STIKES IST Buton didirikan yang terletang di jantung kota bau-bau tepatnya di jalan waode wau no.51 Bau bau bersebelahan jalan dengan SMA Negeri 2  Bau bau.

Pada standar sarana prasarana STIKES IST Buton dalam usianya yang masih mudah belum genap tiga tahun telah memiliki gedung mewah berlantai tiga dengan media pembelajaran yang tergolong mewah karena semua ruangan dilengkapi dengan LCD Proyektor/LCD TV dan komputer.

Semoga dalam perkembangannya nanti STIKES IST Buton dapat berperan serta dalam pengembnagan Ilmu Pengetahuan dan Pengabdian Pada Masyarakat. Amin...

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wr Wb,

Written by Super User. Posted in Berita

Setelah berpuluh puluh tahun Kota Bau bau yang dahuluh sebelum dimekarkan menjadi beberapa kabupaten bernama Kabupaten Buton tenggelam namanya sebagai kota pendidikan kini bangkit kembali dengan lahirnya beberapa Perguruan Tinggi Baru di Kota Bau bau. Dalam perkembangannya kelahiran beberapa perguruan Tinggi ini melahirkan venomena baru dalam kanca persaingan antar perguruan tinggi ada yang menanggapi dengan nada sinis (negatif) adapulah yang menanggapi dengan nada positif (Kebangkitan).

Seiring dengan kebangkitan bau bau sebagai kota pendidikan STIKES IST Buton melakukan langka-langka straegik untuk mewujudkan impiannya  STIKES IST Buton sebagai perguruan Tinggi yang berdaya saing tinggi,profesional dengan komitmen penuh terhadap pembinaan,pengembangan,pertumbuhan,pengabdian dan peningkatan mutu profesi kesehatan Republik Indonesia.sejalan dengan itu Ketua STIKES IST Buton bersama dengan Ketua Yayasan Haji Abdul Rahman Buton membuat rumusan strategik jangka pendek,jangka menengah dan jangka panjang yang dituangkan dalam RESTRA STIKES IST BUTON, salah satu program jangka pendek yang telah terealisasikan adalah pembngunan sumber daya Dosen,yang baru baru ini pada bulan oktober dosen-dosen STIKES IST Buton sebanyak 19 orang dengan rincian 15 orang wisuda pasca sarjana (S2) pada STIE Indonesia Malang dan 4 orang wisudawati program D4 Kebidanan pada Poltekes  Kendari dengan demikian 98% Dosen tetap STIKES IST telah berpredikat S2 dan D4 yang diharapkan dapat menjadikan mutu pendidikan pada STIKES IST Buton bisa menjawab tantangan Globalisasi bidang kesehatan.

Manajemen Pengelaolaan dan penyelenggaraan STIKES IST Buton dilaksanakan dengan prinsip dasar :

·         Kepemimpinan yang Kolektif,Koperatif,kekeluargaan,kemitraan antara Negeri dan Swasta yang dilandasi dengan budaya yang arif dan bijaksana.

·         Inovatif,kreaktif,flexible dan Hard working.

·         Serta mengikuti ketentuan-ketentuan pemerintah yang adil dan beradab.

Ketiga prisip dasar tersebut diharapkan dapat memberikan “ survival value”(nilai bertahan hidup) terutama untuk menggapai impian-impian kami sebagai “Edukation for today end Tomorrow “ .sunggu pengalaman manajemen keuangan (Financial intellegence) from nothing to something diperoleh dari pengalaman masa lalu.berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa dan dilandasi dengan sikap mental positif untuk berprestasi di bidang kesehatan .Maka akhirnya berhasil di wujudkan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan STIKES IST Buton yang megah dan lengkap fasilitasnya

TOP